Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114858
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY Bernilai Budaya Suku USING Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan NUMERASI
Authors: Putri, Meilysa Ajeng Kartika
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Meningkatkan Numerasi
Issue Date: 29-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemampuan numerasi diartikan sebagai kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah seharihari. Literasi matematika atau numerasi di era saat ini sangat penting dimiliki oleh siswa, hal ini dikarenakan dengan adanya kemampuan numerasi yang baik siswa dapat memperkirakan, menginterpretasi data serta menyelesaikan masalah seharihari. Berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata kemampuan numerasi siswa di SMA Negeri 1 Tegaldlimo tergolong perlu intervensi khusus. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi modul ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes kemampuan numerasi yang bernilai budaya suku Using berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 2) mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 3) mengkaji pengaruh implementasi perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community Bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods yang menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian pengembangan (research and development) dan penelitian eksperimen. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. Hasil dari uji coba di kelas X 11 menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang telah valid, praktis, dan efektif, diuji untuk mengetahui pengaruhnya di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data soal tes kemampuan numerasi di kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi siswa dengan Sig=0,035 (Sig. < 0,05). Tidak hanya itu, diperoleh data pre-test kelas eksperimen (𝑋0) dan post-test kelas kontrol (𝑋1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 32,1, sedangkan berdasarkan hasil analisis data pre-test kelas kontrol (𝑌0) dan post-test kelas kontrol (𝑌1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 27,3. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan numerasi siswa di kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kemampuan numerasi siswa di kelas kontrol.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114858
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Tesis_Meilysa.pdf
  Until 2028-04-11
5.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Repository_Tesis_Meilysa.pdf5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.