Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114168
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAHMAWATI, Iis | - |
dc.contributor.author | KURNIAWATI, Dini | - |
dc.contributor.author | MURTAQIB, Murtaqib | - |
dc.date.accessioned | 2023-03-31T02:39:09Z | - |
dc.date.available | 2023-03-31T02:39:09Z | - |
dc.date.issued | 2020-06-26 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114168 | - |
dc.description.abstract | Latar Belakang: Kasus HIV/AIDS berkembang sangat cepat di seluruh dunia. Peningkatan kasus HIV/AIDS di kalangan remaja berkaitan dengan masih rendahnya pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS melalui metode biblioterapi ditinjau jenis kelamin untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi para perencana program dan pengambil keputusan dalam memilih metode penyampaian mengenai pengetahuan HIV/AIDS. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Puger. Penelitian dilakukan pada Bulan Juli-September 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang remaja yang terdiri dari 22 responden kelompok remaja laki-laki dan 22 responden kelompok remaja perempuan, dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu remaja tinggal di wilayah kerja Puskesmas Puger, berusia 16-17 tahun, remaja laki-laki dan perempuan yang bersedia menjadi responden, tidak memiliki hambatan dalam membaca serta dalam keadaan sehat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner pengetahuan. Analisa data menggunakan uji Wilcocon dan Mann Whitney dengan p value <0,05. Hasil: Hasil analisis menunjukan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah terapi pada kelompok remaja perempuan (p-value=0,002) dan kelompok remaja laki-laki (p-value=0,043). Remaja laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki pengaruh tetapi pengaruh yang terjadi tidaklah sesignifikan pada kelompok remaja perempuan. Kesimpulan: Metode biblioterapi memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan baik pada kelompok remaja perempuan maupun remaja laki-laki, tetapi yang lebih memiliki pengaruh yaitu terhadap remaja perempuan, maka metode biblioterapi ini lebih efektif jika diberikan kepada kelompok remaja perempuan. Untuk itu disarankan agar mencari metode yang lebih tepat untuk kelompok remaja laki-laki. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | biblioterapi, | en_US |
dc.subject | HIV/AIDS, | en_US |
dc.subject | remaja perempuan, | en_US |
dc.subject | remaja laki-laki | en_US |
dc.title | Pengetahuan HIV/Aids Pada Remaja Melalui Metode Bibliotherapi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Puskesmas Puger Jember | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
2. artikel 6. pengetahuan HIV.pdf | 1.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.