Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114038
Title: Wacana Humor dalam Novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur Karya Langlang Randhawa dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Anekdot di SMA Kelas X
Authors: RAMADHANI, Bella Amarda Arbin
Keywords: WACANA HUMOR
NOVEL SLONONG BOY MILLIONAIRE TAMPANG ANCUR
PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT
Issue Date: 11-Nov-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Wacana merupakan rangkaian kalimat terlengkap yang mengandung unsur kohesi dan koherensi sehingga membentuk informasi yang utuh. Humor yang terdapat dalam novel merupakan sebuah wacana yang berdasarkan bentuk disebut wacana humor. Humor yang dihadirkan dalam novel dikemas secara kompleks baik dalam hal bentuk maupun topik. Salah satu novel yang cukup kompleks adalah novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur karya Langlang Randhawa. Selain penciptaannya untuk menghibur pembaca, novel tersebut juga berisi kritik terhadap berbagai ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Kajian dalam penelitian ini terdiri atas lima rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk wacana humor dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur, (2) Bagaimanakah isi wacana humor dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur, (3) Bagaimanakah prinsip wacana humor dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur, (4) Bagaimanakah fungsi wacana humor dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur, dan (5) Bagaimanakah pemanfaatan wacana humor dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur untuk materi pembelajaran teks anekdot di SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana dan teori fitur-fitur konteks SPEAKING Dell Hymes serta teori bantu pragmatik berupa tindak tutur. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, wacana, konteks sosial dalam novel, data hasil wawancara, dan silabus. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur,tapi Rezeki Mujur karya Langlang Randhawa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas lima teknik yaitu reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data, penarikan simpulan dan verifikasi temuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk wacana humor terdiri atas sepuluh bentuk yaitu humor monolog, humor dialog, humor cerita, humor parodi, humor puisi, humor teka-teki, humor salah ucap, humor salah intonasi, humor pematah, dan humor definisi. Isi wacana humor terdiri atas lima topik yaitu kritik sosial masalah kemiskinan warga, kritik politik masalah gaya bahasa, sindiran etnis bahasa Padang, kebangkrutan usaha warung Tegal, dan kisah cinta anak remaja. Prinsip wacana humor terdiri atas empat prinsip yaitu prinsip kesepakatan berhumor, penggunaan tuturan yang berlebihan, penggunaan kata-kata vulgar, dan penyampaian kritikan simbolik dengan gaya ironi, sinisme, dan sarkasme. Fungsi wacana humor dalam novel terdiri atas tujuh fungsi yaitu untuk membangun tema cerita menjadi lebih mudah dipahami, membangun latar dan suasana cerita menjadi lebih rileks, membangun alur cerita menjadi lebih mudah diikuti, mengembangkan karakter tokoh menjadi lebih humoris, mudah bergaul, lebih disukai, dan lebih menarik. Selain itu, beberapa hasil temuan dalam penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran menulis teks anekdot di SMA Kelas X. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk, isi, prinsip dan fungsi dalam novel Slonong Boy Millionaire Tampang Ancur, tapi Rezeki Mujur sangat beragam yakni dapat dilihat dari kata, kalimat, dialog hingga tujuan humor yang berbeda-beda. Adapun saran yang dapat diberikan adalah dapat dipertimbangkan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran teks anekdot, bahan diskusi dalam perkuliahan wacana, dan diharapkan dapat mengembangkan kajian analisis wacana secara mendalam dengan teori yang lebih luas dalam mengadakan penelitian lanjutan, misalnya memuat konteks ideologis atau sosiologis.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114038
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bella Amarda Arbin Ramadhani - 180210402038.pdf
  Until 2027-12-15
1.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools