Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113933
Title: Analisis Manajemen Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru di TK Inklusi Star Kids Kabupae Jember
Authors: KAMILAH, Fahriyatul
Keywords: ANALISIS MANAJEMEN PEMBINAAN
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
TK INKLUSI STAR KIDS
Issue Date: 25-Nov-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam suatu lembaga dimaksudkan untuk memajukan dan meningkatkan mutu serta efisiensi guru agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan diperlukan guru yang kompeten. TK Inklusi Star Kids Jember memberikan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di mana guru perlu memiliki bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap untuk mampu melaksanakannya dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana pelaksanaan manajemen pembinaan dan pengembangan profesi guru di TK Inklusi Star Kids Jember?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis manajemen pembinaan dan pengembangan profesi Guru di TK Inklusi Star Kids Jember. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dari bulan Februari sampai Mei 2022 di TK Inklusi Star Kids Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan ketua IGTKI Kecamatan Sumbersari. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Kepala Sekolah TK Inklusi Star Kids Kabupaten Jember melaksanakan perencanaan program-program pembinaan dan pengembangan profesi guru melalui musyawarah di awal tahun pelajaran untuk mendiskusikan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru, menjadwalkan kegiatan selama satu semester atau satu tahun. Program pembinaan dan pengembangan profesi guru dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan maupun non-kependidikan dan pelatihan. Program-program yang pernah diikuti untuk mengembangkan kompetensi pembelajaran inklusi yaitu seminar pendidikan peduli anak berkebutuhan khusus, dan beberapa pelatihan atau workshop yang dapat mengembangkan dan menambah pengetahuan guru untuk dapat lebih melakukan kegiatan belajar mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Kegiatan pendidikan dan pelatihan meliputi In-House Training (IHT), belajar jarak jauh dan pendidikan lanjutan dengan memberikan beasiswa. Dari IGTKI, program pembinaan dan pengembangan profesi pendidik melalui pendidikan dan pelatihan yaitu pelatihan berjenjang atau khusus, yakni pelatihan khusus yang disediakan berdasarkan kebutuhan khusus atau disebabkan adanya perkembangan baru dalam keilmuan tertentu. Pembinaan dan pengembangan profesi guru yang dilakukan kepala sekolah melalui kegiatan non-pendidikan dan pelatihan yaitu mengikuti seminar, workshop, pembuatan media pembelajaran, lomba-lomba antar guru yang diselenggarakan oleh IGTKI, maupun diskusi masalah pendidikan dalam rapatrapat sekolah. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kepala sekolah dan ketua IGTKI menyusun atau mengadakan kegiatan terkait pembinaan dan pengembangan profesi guru lebih banyak lagi karena dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan guru dapat menguasai sistem belajar mengajar yang diperlukan dan selalui meningkatkan kemampuan dalam hal mengajar.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113933
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-11-30
1.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools