Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113862
Title: Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA
Authors: FIRDAUS, Ahmad Maulana
Keywords: Literasi Sains
Learning cycle 7E
Issue Date: 26-Aug-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI SMA. Penelitian dilakukan di SMA Al-Azhar Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Terdapat dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 25 siswa dan XI MIPA 2 dengan jumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model learning cycle 7E di kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen serta menerapkan model konvensional yang biasa digunakan di sekolah tersebut untuk kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test yang dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 67 dan kelas kontrol sebesar 62. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA SMA Al-Azhar Jember.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113862
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi repository.pdf
  Until 2027-08-26
726.44 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools