Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113771
Title: Tour Guide Service System at the Geopark Information Center GIC in Banyuwangi District
Authors: TYAS, Desy Aningrum
Keywords: Ijen Geopark
Sistem Layanan Tour Guide
Issue Date: 21-Sep-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Sistem Layanan Tour Guide Pada Geopark Information Center (GIC) di Kabupaten Banyuwangi, Fienda Dwi Septian, 190903102021; 2022; Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Sektor pariwisata di Indonesia telah tumbuh dan berkembang sangat baik, peristiwa ini dapat dipandang sebagai potensi untuk memakmurkan rakyat dan memajukan negara Indonesia. Indonesia memiliki wilayah Geopark dan berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu wilayah geopark di Indonesia yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso yang telah melakukan kolaborasi membentuk kawasan Ijen Geopark dengan fokus topik tentang Danau Kawah Gunung Api Terasam dan Pesona Api Biru. Perihal Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang pengembangan Taman Bumi atau Geopark dapat menjadi perhatian bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, yaitu dalam bentuk dibangunnya Geopark Information Center (GIC). Berlokasi di lingkungan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang difungsikan sebagai tempat promosi dan informasi mengenai Ijen Geopark, sekaligus menjadi wahana literasi bagi semua lapisan masyarakat. Memiliki dua ruang yaitu museum geopark dan mini bioskop dengan difasilitasi petugas tour guide yang merupakan pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi bagian bidang Geopark. Keterbatasan jumlah tour guide menyebabkan Geopark Information Center (GIC) memanfaatkan tenaga magang yang tentunya belum berlisensi sebagai tour guide, sehingga layanan yang diberikan kurang optimal. Sistem layanan tour guide di Geopark Information Center (GIC) terdiri dari tiga jenis sistem layanan. Pertama, adanya sistem layanan tour guide berdasarkan metode yang digunakan; ini termasuk sistem layanan tour guide metode manual dan sistem layanan tour guide metode modern, selanjutnya sistem layanan tour guide berdasarkan jumlah pengunjung meliputi; sistem layanan pengunjung group tour dan sistem layanan individual tour, terakhir adalah sistem layanan berdasarkan jenjang pendidikan pengunjung meliputi; sistem layanan jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), Sistem layanan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga perguruan tinggi, dan sistem layanan pengunjung umum. Dengan menerapkan sistem layanan yang serupa dengan yang dijelaskan di atas, diharapkan Geopark Information Center (GIC) dapat memberikan layanan terbaik kepada setiap pengunjung. Tour guide akan memberikan informasi dengan menggunakan sistem layanan baik manual maupun modern sekaligus menyesuaikan sistem layanan dengan jumlah pengunjung. Dengan cara ini, diharapkan pengunjung akan mendapatkan pelayanan terbaik. Selain itu, dengan menyesuaikan berdasarkan pendidikan pengunjung, tujuannya adalah agar setiap pengunjung menerima informasi yang memenuhi kebutuhan pengetahuan masing-masing dari pengunjung yang datang.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113771
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR FIENDA D.S FIX.pdf
  Until 2027-11-01
Laporan Tugas Diploma2.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.