Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112876
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP
Authors: RISTIANI, Revi
Keywords: DISCOVERY LEARNING
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Berpikir Kritis
Hasil Belajar
Issue Date: 4-Aug-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pelaksanaan pembelajaran memerlukan langkah-langkah ilmiah dalam pemahaman sebuah konsep. Salah satu materi IPA dalam jenjang sekolah menengah pertama yaitu materi zat aditif dan zat adiktif. Materi ini membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dalam penerapannya. Strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum memfasilitasi siswa untuk melatih kemampuan berpikir kritis, hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi rendah yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu solusi yang dapat diberikan berdasarkan permaslahan tersebut yakni dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning melatih siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP pada pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pujer pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yakni diperoleh sampel kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data ada dua yakni teknik utama dan pendukung. Teknik utama pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa 5 soal auraian dan hasil belajar siswa berupa 10 soal pilihan ganda. ur dengan pretest dan postest. Non tes digunakan untuk menilai keterampilan siswa yang dinilai menggunakan poster. Adapun teknik pendukung dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan dengan syarat data terdistribusi normal Hasil uji Independent Sample T-Test dari data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (Sig < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Hasil uji t-pihak kanan juga menunjukkan bahwasanya thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112876
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revi Ristiani_Skripsi.pdf
  Until 2027-08-15
2.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools