Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112800
Title: Perancangan Ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Joker Menggunakan Metode Design Thinking
Authors: ADI, Dinda Dikrima
Keywords: PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE (UI)
USER EXPERIENCE (UX
DESIGN THINKING
Issue Date: 26-Jan-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Layanan internet telah dimanfaatkan sebagai media sarana bisnis oleh para pengguna melalui mobile commerce. M-commerce merupakan pengembangan sistem pemesanan online (e-commerce) melalui smartphone, notebook (N. et al., 2021). Pada tahun 2025, pemesanan online (e-commerce) di Indonesia ditargetkan mencapai 119 juta orang. Beberapa pemesanan online yang telah mendominasi pasar di Indonesia saat ini yaitu Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Gojek (Limantara et al., 2021). Aplikasi Joker merupakan aplikasi pemesanan jasa berbasis online yang berfokus pada transportasi. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pembelian pulsa, transaksi antar bank serta pemesanan trip perjalanan. Pada tanggal 31 Desember 2021, Aplikasi Joker mengalami pembaharuan tampilan terkini dengan versi 2. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bersama pihak Joker, didapatkan beberapa permasalahan yang dialami pengguna ketika menggunakan aplikasi Joker. Aplikasi ini memiliki target pengguna berkisar 13 hingga 60 tahun, dimana pengguna yang berusia 40 hingga 60 tahun merasa kebingungan dalam melakukan fitur pendaftaran hingga pemesanan. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara bersama beberapa pengguna layanan Joker, didapatkan bahwa pengguna merasa bingung dalam proses pemesanan makanan pada aplikasi Joker. Perbedaan penamaan fitur Kuliner dan Kurir & Delivery yang membingungkan, minimnya mitra yang bergabung pada aplikasi serta penjelasan jenis pembayaran yang kurang efektif membuat pengguna merasa bingung ketika melakukan pemesanan melalui aplikasi. Banyaknya pengguna layanan joker merasa lebih mudah dan praktis menggunakan melalui WhatsApp operator di masing-masing wilayah. Dengan berkomunikasi secara langsung bersama driver menjadikan proses pemesanan lebih praktis dan mudah. Dalam fitur Kuliner, pengguna dapat melakukan pemesanan pada mitra apapun tanpa ada batasan apakah mitra tersebut telah bekerja sama dengan Joker atau tidak. Pengguna juga dapat mengganti pesanan ketika warung sedang tutup atau makanan yang ingin dibeli habis. Namun dengan adanya kelebihan pemesanan melalui WhatsApp tersebut, dapat menimbulkan beberapa potensi permasalahan yang terjadi seperti tidak adanya jaminan informasi laporan terkini sampai manakah proses pemesanan berlangsung, tidak adanya feedback langsung terhadap pelayanan yang diberikan, serta nomor driver yang tersebar luas sehingga kemungkinan terjadi pemesanan tanpa melalui prosedur pemesanan melalui operator terjadi. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan pada wawancara bersama pihak Joker beserta pengguna Aplikasi Joker, maka perlu dilakukannya berempati kepada pengguna secara langsung untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi pada aplikasi Joker versi 2. Berdasarkan jumlah populasi pengguna aplikasi Joker, penentuan pengguna dalam proses penyusunan persona akan dilakukan pada pengguna aplikasi Joker di wilayah Kab. Situbondo. Melalui proses menggali informasi secara langsung menggunakan empati dapat mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi oleh pengguna. Hasil yang disampaikan nantinya akan diterjemahkan dalam proses penyusunan suatu persona. Metode design thinking memiliki fase empathize dimana proses empati kepada pengguna dilakukan. Melalui empati secara langsung kepada pengguna dapat memahami dan melihat apa yang sebenarnya dirasakan pengguna sehingga dapat menerjemahkan permasalahan menjadi sebuah ide untuk pengembangan perancangan ulang desain aplikasi Joker versi 2. Hasil penelitian yang didapatkan pada saat user research, menghasilkan 18 fitur hasil desain ulang aplikasi Joker. Beberapa fitur yang dihasilkan diantaranya Login, Search, Top Up Saldo, Riwayat Transaksi, Riwayat Pesanan, Chat, Joker Ojek, Joker Kurir, Joker Kuliner, Joker Mobil, Joker Sehat, Joker Transfer, Pajak Kendaraan, UMKM & Jasa, Multifinance, Joker Donasi, Joker Wisata, Joker Tilang. Hasil pengujian yang didapatkan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) ) yaitu diperoleh total skor 73 menghasilkan acceptability yaitu acceptable, grade scale C, dan adjective rating good. Sedangkan hasil pengujian yang didapatkan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yaitu diperoleh hasil aspek attractiveness dengan nilai rata-rata 2,1 dengan hasil tolak ukur tergolong excellent, perspicuity dengan nilai rata-rata 2,05 dengan hasil tolak ukur tergolong excellent, efficiency dengan nilai rata-rata 1,8 dengan hasil tolak ukur tergolong good, dependability dengan nilai rata-rata 1,5 dengan hasil tolak ukur tergolong good, stimulation dengan nilai rata-rata 2,1 dengan hasil tolak ukur tergolong excellent, dan novelty dengan nilai rata-rata 2 dengan hasil tolak ukur tergolong excellent. Berdasarkan hasil dari keseluruhan pengujian yang telah dilakukan, rancangan desain prototype pada penelitian ini sudah dapat dikatakan memiliki satisfaction, attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty yang baik.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Maret 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112800
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi final 182410102009.pdf
  Until 2028-02-08
5.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools