Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112622
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDWINANDIA, Mutiara Mahar-
dc.contributor.authorHILMI, Muhammad Irfan-
dc.date.accessioned2023-03-09T04:19:18Z-
dc.date.available2023-03-09T04:19:18Z-
dc.date.issued2022-05-31-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112622-
dc.description.abstractPenelitian ini mengungkap bagaimana strategi kader Bina Keluarga Balita (BKB) dalam optimalisasi fungsi edukasi keluarga di BKB Amarilis Lembang, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian yaitu ketua BKB, kader BKB, dan anggota BKB. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman mencakup langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data/display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengenai strategi yang digunakan oleh kader BKB yaitu strategi bottom up melalui penyuluhan, kader BKB memberikan suatu bimbingan kepada anggota BKB mengenai pola asuh dengan menggunakan pendekatan partisipatif. Perencanaan kegiatan dilakukan dengan melaksanakan identifikasi kebutuhan dan potensi, perumusan tujuan, pemilihan sasaran program. Materi yang disampaikan mengenai perkembangan anak karena perkembangan anak dirasakan sangat penting oleh para orang tua dalam mengoptimalkan potensi anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherComm-Edu (Community Education Journal)en_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectKader Bina Keluarga Balitaen_US
dc.subjectEdukasi Keluargaen_US
dc.titleStrategi Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dalam Optimalisasi Fungsi Edukasi Keluargaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_STRATEGI KADER BINA KELUARGA BALITA (BKB).pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.