Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112510
Title: | Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa MA Pada Materi Gerak Parabola |
Authors: | NURFADILAH, Restin |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING PHET SIMULATION KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Issue Date: | 11-Jan-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran fisika berkaitan dengan eksperimen, dimana eksperimen digunakan sebagai bentuk pengaplikasian konsep fisika yang abstrak sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu siswa dituntut aktif selama proses pembelajaran serta mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini mengukur keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Kenyataannya nilai ulangan harian fisika masih berada dibawah KKM serta siswa kurang aktif selama proses pembelajaran di kelas, sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi beberapa masalah ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memiliki alternatif solusi yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar siswa MA. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Jember dengan jenis penelitian quasi eksperimen dimana terdapat dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh merupakan data nilai posttest siswa yang diuji menggunakan program SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji homogenitas, uji normalitas dan uji independents sample t-test. Hasil yang diperoleh pada pengujian hipotesis keterampilan proses sains siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA. Hasil pengujian hipotesis yang kedua pada hasil belajar kognitif siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar siswa MA. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2) Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa MA. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 Maret 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112510 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI REPOSITORY_Restin Nurfadillah.pdf Until 2028-01-27 | 1.77 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools