Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112510
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURFADILAH, Restin-
dc.date.accessioned2023-03-03T02:39:55Z-
dc.date.available2023-03-03T02:39:55Z-
dc.date.issued2023-01-11-
dc.identifier.nim180210102119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112510-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 3 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika berkaitan dengan eksperimen, dimana eksperimen digunakan sebagai bentuk pengaplikasian konsep fisika yang abstrak sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu siswa dituntut aktif selama proses pembelajaran serta mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini mengukur keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Kenyataannya nilai ulangan harian fisika masih berada dibawah KKM serta siswa kurang aktif selama proses pembelajaran di kelas, sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi beberapa masalah ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memiliki alternatif solusi yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar siswa MA. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Jember dengan jenis penelitian quasi eksperimen dimana terdapat dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh merupakan data nilai posttest siswa yang diuji menggunakan program SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji homogenitas, uji normalitas dan uji independents sample t-test. Hasil yang diperoleh pada pengujian hipotesis keterampilan proses sains siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA. Hasil pengujian hipotesis yang kedua pada hasil belajar kognitif siswa yaitu H0 ditolak (Ha diterima), artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar siswa MA. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains siswa MA, (2) Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa MA.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Alex Harijanto, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Maryani, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectPHET SIMULATIONen_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINSen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa MA Pada Materi Gerak Parabolaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Alex Harijanto, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Maryani, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorkacung-27 September 2022en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REPOSITORY_Restin Nurfadillah.pdf
  Until 2028-01-27
1.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools