Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112388
Title: Pelatihan Penyusunan Soal Berfikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru Matematika SMA di Jember
Authors: PAMBUDI, Didik Sugeng
AMBARWAT, Reza
TRAPSILASIWI, Dinawati
YUDIANTO, Erfan
Keywords: Soal HOTS Matematika
pretest
posttest
profesionalisme guru
Issue Date: 6-Dec-2022
Publisher: DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Abstract: Salah satu permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) masih rendah. Masalah ini juga terjadi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jember. Penyebab masalah tersebut adalah guru matematika belum terampil dalam membuat soal HOTS dan belum membimbing siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Untuk mengatasi masalah tersebut, kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 118 guru Matematika SMA dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2019 di pusat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Matematika di Jember. Metode yang digunakan adalah sharing informasi, diskusi, tugas membuat HOTS soal matematika, observasi, tes, dan pemberian kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan pengetahuan guru membuat soal HOTS dari skor rata-rata pretes 62 menjadi skor rata-rata postes 85. Kemampuan guru membuat soal HOTS sudah dalam kategori baik, dan seluruh peserta (100%) berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. Selain itu para peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu terus dilanjutkan di masa mendatang, karena sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112388
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_Pelatihan Penyusunan Soal Berfikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru.pdf1.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.