Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112387
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHAKIKI, Fiqih Nur-
dc.contributor.authorPAMBUDI, Didik Sugeng-
dc.contributor.authorKURNIATI, Dian-
dc.date.accessioned2023-02-25T05:21:26Z-
dc.date.available2023-02-25T05:21:26Z-
dc.date.issued2023-01-02-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112387-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk meningkatkan pencapaian perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif berupa modul ajar, LKS dan THB berbasis STEM-PjBL serta menguji pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penggabungan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D dilakukan dalam penelitian ini serta juga mencakup penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hal ini dapat dilihat pada rapor pendidikan yang mana pada indikator literasi, numerasi, maupun bernalar kritis masih dibawah kompetensi minimum. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebagai subjek uji coba dan kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM 1 dan 2) masing-amsing berjumlah 25 orang sebagai sampel. Pengukuran dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil validasi untuk modul ajar, LKS, serta THB telah valid dengan skor secara berurutan adalah 4,77; 4,70; dan 4,81. Pada hasil kepraktisan diperoleh hasil 92,00% dengan kategori sangat baik. Nilai kefektifan menurut hasil penilaian hasil belajar yang telah dilaksanakan diperoleh hasil 78,13% siswa tuntas mengikuti pembelajaran serta 93,75% siswa merespon positif terhadap pembelajaran. Hasil pengujian t-test bahwa perangkat pembelajaran matematika model STEMPjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherAKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPjBLen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf1.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.