Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112386
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Barisan dan Deret Menggunakan Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Authors: SARI, Theresia Siska Rikna
PAMBUDI, Didik Sugeng
LESTARI, Nurcholif Diah Sri
Keywords: Komunikasi matematis
materi barisan dan deret
metode outdoor learning
perangkat pembelajaran
Issue Date: 1-Dec-2022
Publisher: AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Abstract: Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa, tetapi kemampuan tersebut masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar guru masih didominasi dengan ceramah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan metode outdoor learning pada materi barisan dan deret. Lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar merupakan data yang dikumpulkan untuk dianalisis. Hasil kevalidan RPP, LKS, serta THB masing-masing mencapai nilai 4,6; 4,7; dan 4,6 dari nilai maksimal 5, yang berarti valid. Hasil analisis kepraktisan perangkat tersebut mencapai 92%, yang berarti praktis. Dari hasil uji coba, ada 80% siswa masuk kategori aktif, dan respon positif siswa mencapai 84%. Ketuntasan minimal dari tes hasil belajar diperoleh 85,29% siswa kelas eksperimen tuntas, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 52,94%. Dari hasil t-test terbukti bahwa pembelajaran pada materi barisan dan deret dengan perangkat pembelajaran yang menggunakan metode outdoor learning memiliki pengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112386
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET.pdf1.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.