Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112190
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Authors: SYAIFULLAH, Cristiyana
Keywords: Model Problem Based Learning
Blended Learning
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 20-Apr-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui ada atau tidaknya suatu pengaruh pada penggunaan model problem based learning dengan metode blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, metode penelitiannya adalah eksperimen, desain penelitiannya menggunakan quasi experimental dengan pola penelitian non equivalen control group design. Semua siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Sumber Gading Bondowoso yang berjumlah 49 siswa merupakan populasi pada penelitian ini. Kelas IVA sebanyak 26 siswa dan kelas IVB sebanyak 23 siswa merupakan sampel penelitian. Hasil t-hitung > t-tabel yaitu 2,103 > 1,667 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dilihat dari nilai beda atau selisih antara pretest dan posttest yaitu 19,15 sedangkan kelas kontrol rata-rata nilainya 13,82 sehingga rata-rata nilai kelas eksperimen jauh lebih baik dibanding kelas kontrol. Hasil uji keefektifan relatif yaitu sebesar 32,33%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112190
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cristiyana Syaifullah_170210204162_PGSD.pdf
  Until 2027-11-10
2.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools