Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111909
Title: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Authors: SOLEHA, Inayatus
BEKTIARSO, Singgih
SUBIKI, Subiki
Keywords: Berpikir tingkat tinggi
pembelajaran berdasarkan masalah
LKPD
Issue Date: 1-Jan-2022
Publisher: Geliga Sains Jurnal Pendidikan Fisika
Abstract: Penerapan kurikulum 2013 dimana siswa dilatih untuk mengikuti pembelajaran berpusat pada siswa dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantuan LKPD dengan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) serta hasil belajar siswa SMA pada materi fisika. Penelitian menggunakan jenis quasi eksperimen dengan rancangan posstest only control grup desain. Populasi penelitian dari seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 5 kelas, sedangkan sampel sebanyan 68 responden dari 2 kelas X MIPA. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes tulis, dokumentasi, serta wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji statistik dengan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil riset didapatkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PBL berbantuan LKPD High Order Thingking Skill (HOTS) dan hasil belajar siswa SMA pada materi fisika dengan nilai sig > 0.05. Faktor penyebabnya berdasarkan hasil analisis yaitu akibat faktor eksternal dan faktor internal dalam kegiatan pembelajaran daring. Dengan demikian perlu pengendalian yang baik faktor kendala tersebut agar penerapan model dan media mampu melatihkan kemampuan HOTS dan hasil belajar fisika siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111909
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan LKPD terhadap.pdf1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.