Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111908
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Authors: TANJUNG, Anggi Wulan Sekar
BEKTIARSO, Singgih
LESMONO, Albertus Djoko
Keywords: Model pembelajaran
berbasis masalah
Sumber belajar
lingkungan
Hasil belajar
Kemampuan berpikir kritis
Issue Date: 15-Jan-2023
Publisher: JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang disertai dengan sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttes-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Jember tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini dipilih dua kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111908
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI SUMBER.pdf4.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.