Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111768
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar
Authors: SARI, Hikmah Ardiantika
SUSANTO, Susanto
YUDIANTO, Erfan
Keywords: Bangun Ruang
GeoGebra
Kemampuan Spasial
Perangkat Pembelajaran
Issue Date: 28-Sep-2022
Publisher: AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, efektif dan menganlisis pengaruhnya terhadap kemampuan spasial siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kombinasi atau mix method. Penelitian ini menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas siswa VI yang terdiri dari kelas uji coba, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilaksanakan melalui 4-D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra berupa RPP, LKS dan tes kemampuan spasial siswa yang valid, praktis dan efektif. Koefisien validitas RPP, LKS dan tes kemampuan spasial siswa berturut-turut adalah 3,80; 3,53; 3,58. Kriteria kepraktisan terpenuhi dari hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 91,8% dengan kategori sangat baik. Kriteria keefektifan terpenuhi dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 93,41% dengan kategori aktif, angket siswa 89% respon memilih positif dan 82,2% siswa memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan penelitian eksperimen dan observasi, terdapat pengaruh yang signifikan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan spasial siswa dengan nilai signifikasi 0.026 ( sig < 0,05).
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111768
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.