Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111046
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDAMAYANTI, Sherly Eka Putri-
dc.contributor.authorBEKTIARSO, Singgih-
dc.contributor.authorMARYANI, Maryani-
dc.date.accessioned2022-12-08T00:14:28Z-
dc.date.available2022-12-08T00:14:28Z-
dc.date.issued2022-12-01-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111046-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental dengan desain penelitian post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X program IPA di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling, didapatkan untuk kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil analisis data berpikir kritis menggunakan uji Independent T-test diperoleh Sig. (2-tailed) senilai 0,001 dimana 0,001 kurang dari 0,05, menandakan perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai 0,006, dimana nilai itu menunjukkan kurang dari 0,05, maknanya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Secara signifikan perbedaan antara keduanya menunjukkan bahwa model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana berpengaruh terhadap berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJPF (Jurnal Pendidikan Fisika) UIN Alauddin Makassaren_US
dc.subjectModel pembelajaran generatifen_US
dc.subjectAlat percobaan sederhanaen_US
dc.subjectBerpikir kritisen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titleKeterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Generatif Disertai Media Alat Percobaan Sederhanaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_SINNGIH_JURNAL_KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf4.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.