Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110919
Title: Analisis Tegangan Utama Rangka Prototype Mobil Listrik TITEN Menggunakan Metode Elemen Hingga
Authors: NAWAWI, Ghafar Amru
Keywords: Tegangan Utama
Rangka
Metode Elemen Hingga
Issue Date: 3-Oct-2022
Publisher: Fakultas Teknik
Abstract: Peningkatan jumlah transportasi dapat menimbulkan dampak yang signifikan terhadap kondisi lingkungan seperti memperparah pencemaran udara yang diakibatkan emisi gas yang dihasilkan dan persediaan bahan bakar fosil semakin menipis dengan sumber daya alam yang terbatas. Dengan permasalahan diatas, Indonesia harus ikut serta dalam mengembangkan teknologi terbaru pada kendaraan yang hemat bahan bakar atau menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Mobil listrik merupakan kendaraan menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Dalam mengembangkan mobil listrik, salah satu komponen utama yang penting dalam perencanaan adalah rangka. Maka dari itu dilakukan analisis tegangan utama rangka tipe prototype mobil listrik TITEN menggunakan metode elemen hingga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi metode elemen hingga menggunakan software ansys workbench. Pada proses pemodelan rangka prototype mobil listrik TITEN menggunakan software solidwork. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai tegangan utama pada rangka prototype mobil listrik TITEN menggunakan simulasi metode elemen hingga. Hasil simulasi menggunakan software ansys workbench adalah tegangan von mises, safety factor, tegangan geser, tegangan geser maksimum, tegangan utama maksimum, dan tegangan utama minimum. Setelah di dapatkan data hasil simulasi, kemudian dilanjutkan dengan membandingan hasil penelitian sebelumnya menggunakan sensor strain gauge yang terhubung dengan rangka. Perbandingan tersebut dilakukan untuk mengetahui nilai simpangan yang terjadi. Nilai tegangan utama maksimum dan minimum pada rangka prototype mobil listrik TITEN dengan pembebanan penumpang sebesar 45 kg dan 56 kg yang dihasilkan dari simulasi metode elemen hingga menggunakan software ansys workbench masing masing adalah 282,22 MPa, 37,87 MPa, 296,2 MPa, dan 47,08 MPa. Berat penumpang mempengaruhi hasil tegangan utama pada rangka. Semakin besar berat penumpang semakin besar juga nilai tegangan utama. Hasil perbandingan dari nilai simulasi dan penelitian sebelumnya adalah nilai simpangan masih relatif besar. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin strain gauge mengalami kerusakan pada saat proses pengukuran, muncul gelembung udara disekitar strain gauge dan terjadi gangguan saat proses pengukuran berlangsung.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110919
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf2.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools