Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110894
Title: Efektivitas Edukasi Diabetes berbasis Strategi Pemberdayaan terhadap Pencegahan Komplikasi Diabetes Mellitus: Systematic Literature Review
Authors: FATHONI, Ahmad
Keywords: Complications
Diabetes Mellitus
Edukasi Diabetes
Pemberdayaan Masyarakat
Systematic Literature Review
Issue Date: 16-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme tubuh yang dilihat dari tingginya kadar gula dalam darah dengan jangka waktu yang lama. Diabetes mellitus merupakan penyakit menahun yang tidak dapat disembuhkan, sehingga perlunya penatalaksanaan yang baik untuk menekan angka kejadian komplikasi pada penderita diabetes mellitus. Tingginya angka kejadian komplikasi saat ini masih menjadi masalah yang signifikan bagi penderita diabetes mellitus. Manajemen diri dengan baik merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes mellitus. Pemberdayaan merupakan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi seseorang, pemberdayaan juga mendorong dan membangkitkan kesadaran seseorang sehingga individu tersebut mampu bertahan dan mengembangkan dirinya secara mandiri, tetapi edukasi pemberdayaan ini belum diketahui dengan jelas terkait dengan kefektivitasanya, oleh karena itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari intervensi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi apakah edukasi berbasis pemberdayaan efektif terhadap pencegahan komplikasi pada penderita diabetes mellitus. Penelitian ini menggunakan desain systematic literature review dengan menggunakan lima database diantaranya Pubmed, ProQuest, ScienceDirect, Goolge Scholar, dan ClinicalKey for Nursing. Kata kunci yang di pilih berdasarkan MeSH dan boolean operator untuk memudahkan pencarian pada studi yang dinginkan sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Peneliti memasukkan tiga belas artikel yang sudah dipilih berdasarkan kriteria inklusi yaitu populasi pasien diabetes mellitus yang tidak memiliki komplikasi, desain penelitian randomized controlled trial, cohort study, case report, dan quasi experimental studies, studi yang meneliti tentang intervensi pemberdayaan terhadap pencegahan komplikasi diabetes dan menjelaskan terkait dari efek pemberian intervensi pemberdayaan pada pencegahan komplikasi diabetes mellitus, tahun penelitian antara 2012-2022 atau 10 tahun terakhir, artikel full-text atau dapat diakses dengan gratis, artikel berbahasa Inggris dan Indonesia. Seleksi artikel menggunakan PRISMA Flowchart dengan melalui empat tahapan, yaitu identification, screening, eligibility, dan including. Hasil penelitian yang telah diulas dari ketiga belas studi terdapat 11 dengan dua desain randomized controlled trial dan 2 dengan desain cohort study, jumlah responden sebanyak 32.258 pasien. Mayoritas resonden pada studi berjenis kelamin perempuan dan rata-rata berusia 45 tahun ke atas. Semua studi memiliki hasil yang bevariasi dari setiap penelitiannya. Indikator pengukuran hasil dari masing-masing studi berbeda-beda meliputi peningkatan skor efikasi diri, perubahan HbA1c sebelum dan sesudah dilakukan intervensi, peningkatan kepatuhan pengobatan, kepatuhan manajemen diet, kepatuhan terhadap perawatan diri, peningkatan pada aspek psikososial, peningkatan skor pemberdayaan diri, peningkatan aktivitas fisik, dan bisa meningkatkan kondisi klinis pada penderita seperti (HbA1c, TD, LDL, DBP, HDL). Karakteristik responden dari studi yang diulas menunjukkan bahwa ratarata usia responden menunjukkan lebih dari 45 tahun, usia merupakan salah satu faktor yang berbanding lurus terjadinya penyakit diabetes mellitus dan semakin lama seseorang menderita diabetes maka akan semakin besar resiko seseorang tersebut terkena komplikasi diabetes mellitus. Degeneratif menjadi salah satu penyebab menurunanya fungsi tubuh untuk memetabolisme glukosa, selain itu faktor usia yang disertai lamanya menderita diabetes mellitus menjadi salah satu penyebab terjadinya komplikasi diabetes mellitus. Jenis kelamin responden pada studi yang dimasukkan kedalam penelitian mayoritas berjenis kelamin perempuan. Perempuan cenderung gampang mengalami stress, cemas, dan depresi dibandingkan dengan laki-laki, hal ini akan mempengaruhi peningkatan hormon kortisol sehingga akan mengganggu regulasi glukosa yang dapat menyebabkan diabetes mellitus. Edukasi pemberdayaan ini akan meningkatkan kondisi psikologis pada pasien, sehingga dengan dilakukan edukasi pemberdayaan diharapkan akan mengurangi stress yang dialami oleh pasien dan bisa meningkatkn kualitas hidup pada penderita diabetes mellitus. Pemberdayaan merupakan metode edukasi dengan proses partisipatif sehingga memungkinkan penderita diabetes tersebut untuk lebih bertanggung jawab atas kondisi mereka sendiri untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Secara umum implementasi dari edukasi pemberdayaan meliputi beberapa tahapan diantaranya yaitu mendorong pasien menemukan masalah, mendorong pasien menemukan solusi, mendorong pasien memilih solusi, mendorong pasien untuk menerapkan solusi dan mendorong pasien untuk menetapkan rencana kedepanya dengan bantuan dari pihak tenaga profesional. Pemberdayaan yang dilakukan dengan baik bisa mengubah perilaku, fisik, dan psikososial yang positif pada penderita diabetes. Berdasarkan hasil dari setiap penelitian menunjukkan bahwa semua studi menyatakan bahwa edukasi pemberdayaan efektif digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes mellitus. Pemberdayaan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan efikasi diri, mengubah perilaku fisik maupun psikologis pada pasien yang meliputi manajamen HbA1c, manajemen pengobatan, manajemen aktifitas fisik, dan manajemen diet pada penderita diabetes mellitus.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110894
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Ahmad Fathoni_NIM 182310101027..pdf
  Until 2027-09-07
1.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools