Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11078
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA PT. SURABAYA INTELECTUAL CLUB (SIC) CABANG JEMBER.
Authors: HERMAN HENDRIANSYAH
Keywords: ANALISIS SWOT
Issue Date: 20-Dec-2013
Series/Report no.: 030810291040;
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta ancaman (threat) yang akan dihadapi oleh PT. SIC Jember dan menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi PT. SIC Jember untuk menghadapi persaingan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan suatu penelitian yang bersifat menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta, situasi dan aktivitas dari obyek yang diteliti dengan tujuan menggambarkan sifat tertentu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli produk buku PT. SIC Jember minimal 2 kali. Penelitian ini mengambil 55 sampel, 5 dari internal perusahaan dimana para responden adalah para karyawan dan 50 dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan periode waktu penelitian adalah bulan November sampai dengan Desember 2007. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data dan analisis SWOT Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan klasifikasi pada tabel IFAS dan EFAS diketahui bahwa skor untuk faktor strategis internal sebesar 2,954. Sedangkan skor total untuk faktor eksternal sebesar 2,957. Dalam matrik Internal – Eksternal (IE Matrik) didapatkan posisi PT. SIC Jember yaitu berada pada kuadran V yang bertanda asterix (2,954: 2,957). Posisi kuadran V ini berarti bahwa PT. SIC Jember Jember seharusnya menerapkan strategi stabilitas. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa PT. SIC Jember Jember penetapan strategi yang diterapkan adalah differensiasi (Differentation), penetrasi pasar dan strategi ekspansi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11078
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
51_01.pdf29.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools