Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110764
Title: Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku SDN 1 Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi
Authors: NURHANIAH, Nuri
Keywords: E-LKPD
Kurikulum Sekolah
Kearifan Lokal
Media Pembelajaran
Issue Date: 25-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Materi di dalam buku siswa kelas IV SD pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku terdiri dari 3 subtema. Salah satunya yaitu subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku. Subtema 2 teridiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, SBdP, PPKn dan IPA. Hasil wawancara dengan wali kelas IV yaitu Bapak Kambali, S.Pd. SD yang menyatakan bahwa: LKPD yang sudah ada hanya terbatas pada kearifan lokal berupa bahasa Osing dan bentuk cetak, untuk itu perlu dikembangkan ELKPD berbasis kearifan lokal Kabupaten Banyuwangi secara keseluruhan, maka rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah ―Bagaimana proses dan hasil pengembangan E–LKPD berbasis kearifan lokal Banyuwangi tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku Untuk Kelas IV SDN 1 Pesanggaran?‖. Metode pengembangan E-LKPD berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini terdiri atas sepuluh tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan (mengumpulkan informasi); (2) perencanaan Pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba Penggunaan; (7) revisi desain produk; (8) Uji coba keefektifan; (9) revisi Produk Akhir; (10) desiminasi dan implementasi, menyatakan bahwa penelitian pengembangan bagi mahasiswa strata satu (S1) dapat berhenti sampai langkah ke-8 dan diakhiri laporan pertanggung jawaban. Hasil analisis dan validasi E-LKPD berbasis kearifan lokal Banyuwangi oleh validator mendapatkan persentase (a) persentase hasil validitas pembelajaran 3 memperoleh skor sebanyak 91,3% skor tersebut termasuk dalam kategori sangat layak; (b) persentase hasil validitas pembelajaran 5 memperoleh skor sebanyak 91,3% skor tersebut termasuk dalam kategori sangat layak; (c) persentase hasil validitas pembelajaran 6 memperoleh skor sebanyak 90,8% skor tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Keberhasilan E-LKPD juga dilihat dari persentase banyaknya peserta didik yang mendapatkan skor mencapai KKM sebesar 95% dengan interprestasi sangat efektif dan respon positif dari peserta didik mendapat persentase 95% kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis kearifan lokal Kabupaten Banyuwangi sangat efektif dan layak untuk digunakan sebagai alat penunjang materi pembelajaran. Kesimpulan dari penjelasan di atas yaitu E-LKPD berbasis kearifan lokal kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku SDN 1 Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat sampaikan yaitu hendaknya guru memuat kearifan lokal Kabuapaten Banyuwangi dalam proses pembelajaran, diharapkan selalu menciptakan kreatifitas dan inovasi-inovasi baru yang dapat membantu dan mengembangkan proses pembelajaran di sekolah dasar, hasil penelitian ini dihrapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang lebih kreatif dan inovatif untuk perkembangan proses pembelajaran di sekolah dasar.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Nopember 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110764
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc ripository.pdf
  Until 2027-09-07
2.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools