Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110642
Title: | Pengembangan E-Modul Sejarah Berbasis Colonial Heritage of Jember untuk Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA di Kabupaten Jember |
Authors: | HASANAH, Aprilia Nur |
Keywords: | Sejarah Kolonial Emodul |
Issue Date: | Jul-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran sejarah abad ke-21 berorientasi pada pemenuhan kebutuhan generasi Z. Generasi Z dibesarkan di era yang penuh dengan ketegangan politik, kekerasan dan ketidakstabilan sosial, namun dilengkapi dengan kemudahan informasi dan kemajuan teknologi. Pembelajaran sejarah diabad ke-21 ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan generasi Z yang memiliki karakteristik dan kecenderungan di atas dengan desain pembelajaran yang lebih inovatif memanfaatkan teknologi. Modul elektronik (E-modul) merupakan seperangkat pembelajaran yang terencana dan digunakan untuk membantu peserta didik belajar secara mandiri, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil angket analisis performansi dapat diidentifikasi analisis kebutuhan dan kesenjangan terkait pembelajaran sejarah di SMAN Jenggawah memberikan kesimpulan bahwa dibutuhkan inovasi pengembangan media e-modul yang baru yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan karakter peserta didik. Maka peneliti memilih model pembelajaran yang diterapkan dalam e-modul harus sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110642 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2027-11-07 | 1.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.