Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110129
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Berbantuan Software Adobe Illustrator dan After Effect pada Materi Aljabar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Authors: ARIFIN, Muhammad Zainul
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN
AUDIOVISUAL
SOFTWARE ADOBE ILLUSTRATOR
AFTER EFFECT
Issue Date: 23-May-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin maju ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan keluarnya istilah internet of things atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu telah berubah menjadi basis digital. Kemajuan ini dapat diambil manfaat dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran dalam kelas, terlebih pada kondisi pandemi covid 19 yang saat ini masih berlangsung menyebabkan guru dan siswa harus beradaptasi dengan proses belajar mengajar melalui jaringan (online). Adanya kemajuan teknologi memberikan harapan kepada guru dan siswa untuk bisa tetap melakukan proses pembelajaran yang maksimal. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi tersebut adalah berupa pengembangan media pembelajaran berbasis online. Selain itu, pengembangan tersebut tentunya juga harus disesuaikan dengan kurikulum yang saat ini digunakan, yaitu kurikulum 2013. Kurikulum yang dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran berupa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Realitanya, kemampuan berpikir kritis siswa pada masa pembelajaran dalam jaringan saat ini berada pada kategori rendah, khususnya yang terjadi di sekolah yang menjadi tempat peneliti melakukan penelitian. Oleh karenanya diperlukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran audio-visual berbantuan software Adobe Illustrator dan After Effect pada materi aljabar guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D milik Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) Materi aljabar kelas VII SMP dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian memiliki nilai pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut. Sementara itu, pemilihan software Adobe Illustrator dan After Effect didasarkan pada tersedianya fitur-fitur yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu menunjang pembuatan audio-visual yang menarik dan sesuai dengan materi yang dipilih, yaitu materi aljabar. Beberapa fitur yang disediakan pada kedua media tersebut juga tidak dapat dijumpai pada beberapa software pembuat video lainnya. Beberapa fitur yang ada pada Adobe Illustrator di antaranya adalah direct selection tool, magic wand tool, mesh tool, gradient tool serta kelengkapan efek yang tersedia mulai dari efek tiga dimensi, distorb and transform, outliner path, dan masih banyak yang lainnya. Adapun fitur yang menjadi nilai kelebihan dari Adobe After Effect yang tidak dimiliki oleh software lain adalah kemampuan untuk mengedit video per satuan frame dengan menyisipkan keyframe-keyframe sehingga menghasilkan gambar bergerak dengan kualitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Adapun validasi media pembelajaran terdiri dari beberapa aspek, yaitu aspek isi, kebahasaan, dan format. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, diperoleh nilai koefisien korelasi pengembangan media pembelajaran sebesar 0,83 atau dapat dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis angket respon pengguna media memperoleh nilai persentase sebesar 93,5% atau dapat dikategorikan baik. Sementara itu, N-gain dari pengerjaan pretest dan posttest siswa memperoleh nilai sebesar 0,91 atau dapat dikategorikan tinggi. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran audio-visual berbantuan software Adobe Illustrator dan After Effect pada materi aljabar guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110129
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. Zainul Arifin 180210101073.pdf
  Until 2027-08-16
5.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools