Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110044
Title: Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN Model Banyuwangi
Authors: ISKANDAR, Savira Salsabillah
Keywords: MEDIA VIDEO ANIMASI
HASIL BELAJAR SISWA
ORGAN GERAK HEWAN
ORGAN GERAK MANUSIA
Issue Date: 29-Jul-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di sekolah adalah mata pelajaran IPA. Dalam pembelajaran IPA kelas V terdapat salah satu materi organ gerak hewan dan manusia yang mempelajari tentang bagaimana cara hewan dapat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dan alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan. Pembelajaran mengenai organ gerak hewan dan manusia bisa jadi membosankan jika tidak dengan gambaran nyata dari materi tersebut. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan media video pembelajaran memerlukan media pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar pada materi organ gerak hewan dan manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 1 organ gerak hewan dan manusia di SDN Model Banyuwangi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 1 organ gerak hewan dan manusia di SDN Model Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Model Banyuwangi pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Model Banyuwangi yang terdiri dari 29 siswa dari kelas VA dan 29 siswa pula dari kelas VB. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan pola eksperimental semu (Quasi Experimental) Rancangan NonEquivalent Control Group. Uji homogenitas terlebih dahulu dilakukan sebelum memberikan perlakuan dengan tujuan guna mengetahui kemampuan kedua kelas. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai sebesar 0.288. Nilai tersebut lebih besar dari 0.05 sehingga dapat disimpulkan data tersebut homogen. Tes merupakan metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan soal pilihan ganda sebanyak 24 butir soal. Pre test dan post test adalah jenis tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Uji-t digunakan pada analisis data penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa materi organ gerak hewan dan manusia. Dengan bantuan program SPSS versi 22 analisis uji-t dilakukan. Penelitian pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan diperoleh hasil rata-rata nilai post test sebesar 84,55 sedangkan yang tidak diberi perlakuan yaitu pada kelas kontrol sebesar 75,65. Hasil uji-t diketahui t0 sebesar 4,073, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 56 menunjukkan ttabel sebesar 1,672. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa t0 > ttabel (4,073 > 1,672) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, ER diketahui bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran pada kelas eksperimen relatif lebih efektif 28,424% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar pada materi organ gerak hewan dan manusia kelas V di SDN Model Banyuwangi. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu: (1) bagi guru, dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi organ gerak hewan dan manusia, sehingga guru dapat menjadikan video animasi sebagai masukan media pembelajaran dengan tujuan guna meningkatkan kualitas serta mutu pembelajaran di sekolah sehingga dapat mengembangkan kompetensi guru; dan (2) bagi peneliti lain, penggunaan media video dalam pelaksanaan pembelajaran memiliki kelemahan yakni sulit mengarahkan perhatian siswa pada materi yang disajikan dalam media video, siswa cenderung lebih penasaran pada penyajian media video daripada materi yang akan dipelajari, sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya membimbing siswa agar siswa berkonsentrasi terhadap video pada materi yang ditayangkan serta melakukan evaluasi setelah video disajikan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110044
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Savira Salsabillah Iskandar - 170210204032.pdf
  Until 2027-10-11
5.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools