Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109875
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP
Authors: PERTIWI, Aprilia Dian
Keywords: Problem Based Learning
Socio Scientific Issue
Higher Order Thinking Skills
Aktivitas Belajar
Issue Date: 20-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran dengan menggunakan suatu permasalahan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, materi, serta pengaturan diri. Socio scientific issue (SSI) merupakan pendekatan yang berorientasi pada permasalahan yang ada kaitannya dengan dengan isu sosial ilmiah yang terjadi di masyarakat berupa konsep dan teknologi. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran model PBL dengan pendekatan SSI berpengaruh terhadap higher order thinking skills (HOTS) dan mengetahui apakah pembelajaran model PBL dengan pendekatan SSI berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group design. Hasil penelitian dengan analisis data melalui Uji independent sample t-test membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dengan pendekatan SSI terhadap HOTS siswa SMP. Dan melalui bantuan software excel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dengan pendekatan SSI terhadap aktivitas belajar siswa SMP.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109875
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Aprilia Dian Pertiwi.pdf2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools