Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109875
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PERTIWI, Aprilia Dian | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-07T06:45:50Z | - |
dc.date.available | 2022-10-07T06:45:50Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-20 | - |
dc.identifier.nim | 180210104082 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109875 | - |
dc.description.abstract | Problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran dengan menggunakan suatu permasalahan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, materi, serta pengaturan diri. Socio scientific issue (SSI) merupakan pendekatan yang berorientasi pada permasalahan yang ada kaitannya dengan dengan isu sosial ilmiah yang terjadi di masyarakat berupa konsep dan teknologi. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran model PBL dengan pendekatan SSI berpengaruh terhadap higher order thinking skills (HOTS) dan mengetahui apakah pembelajaran model PBL dengan pendekatan SSI berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group design. Hasil penelitian dengan analisis data melalui Uji independent sample t-test membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dengan pendekatan SSI terhadap HOTS siswa SMP. Dan melalui bantuan software excel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dengan pendekatan SSI terhadap aktivitas belajar siswa SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd., MCE., CIQnR., CIQaR | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Socio Scientific Issue | en_US |
dc.subject | Higher Order Thinking Skills | en_US |
dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd., MCE., CIQnR., CIQaR | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository Aprilia Dian Pertiwi.pdf | 2.86 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools