Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109296
Title: Perbandingan Pembelajaran Kuliah Online dan Offline Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naive Bayes dan Metode C4.5
Authors: Aulia, Andini Cahya
Keywords: PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE
PEMBELAJARAN KULIAH OFFLINE
PANDEMI COVID-19
NAÏVE BAYES
Issue Date: 24-May-2022
Publisher: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract: Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik yang memenuhi unsur-unsur pembelajaran yang dilakukan dalam suatu lingkungan pendidikan, sehingga pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan minat dan bakat siswa secara optimal. Pada era zaman sekarang pembelajaran dilakukan secara online dan berbanding terbalik dengan offline. Tujuan dari penelitian ini menganalisa perbandingan presentase dan hasil klasifikasi serta hasil evaluasi pembelajaran menggunakan metode Naïve Bayes dan C4.5. Pengujian ini dilakukan dengan 4 variabel dan perbandingan kedua metode. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai akurasi Naïve Bayes sebesar 74,07% dan C4.5. sebesar 77,77% sehingga hasil perbandingan didapatkan bahwa tingkat akurasi metode C4.5 lebih baik daripada Naïve Bayes. Variabel importance yang dihasilkan yaitu waktu dan keefektifan serta hasil klasifikasi keputusan pembelajaran yaitu kategori offline sebanyak sebanyak 16 data pada metode Naïve Bayes dan sebanyak 19 data pada metode Decision Tree algoritma C4.5 dari 27 input data testing.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 8 September 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109296
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY_ANDINI CAHYA AULIA_181810101112.pdf1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools