Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10923
Title: Persepsi Siswa Terhadap Interaksi Sosial Dalam Kelas Unggulan dan Reguler di SMAN 1 Giri Banyuwangi; Aditya Agus Perdana, 080910302004
Authors: Aditya Agus Perdana
Keywords: siswa, interaksi sosial, kelas unggulan, reguler
Issue Date: 20-Dec-2013
Series/Report no.: 080910302004;
Abstract: Adanya sistem pengelompokkan kelas bagi siswa di sekolah antara kelas unggulan dan regular diharapkan agar terjadi suatu keseragaman atau kehomogenitasan terhadap kemampuan masing-masing siswa daritiap-tiap kelas, sehingga dapat memperlancar tugas guru dalam pengelolaan kelas. Namun, apa yang diharapkan dengan adanya pengelompokkan kelas antara unggulan dan regular dapat mempengaruhi siswa terhadap persepsi, sikap, atau perilaku di dalam proses interaksi sosial siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan persepsi siswa terhadapinteraksi sosial dalam kelasunggulan dan regulerdi SMAN 1 Giri Banyuwangi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah statistik deskriptif, dimana lokasi penelitian berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, tepatnya berada di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Giri Banyuwangi, baik siswa yang terdiri dari kelas unggulan reguler. Sedangkan jumlah sampel terdiri dari 166 siswa, yaitu 83 siswa kelas unggulan dan 83 siswa dari kelas regular, serta metode analisis yang digunakan pada skripsi ini adalah analisis deskriptif tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan meskipun terdapat pengelompokkan antara kelas unggulan dan regular, namun terdapat sedikit perbedaan antara hasil jawaban dari siswa kelas unggulan dan regular. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama adalah adanya faktor kesamaan sekolah, karena sebagai siswa-siswi mereka sama-sama menuntut ilmu dan melakukan kegiatan belajar mengajar di lingkup satu sekolah yang sama, serta yang kedua adalah adanya faktor pembentukan terhadap pengelompokkan- pengelompokkan lain yang terjadi di lingkup sekolah. Dalam hal ini misalnya, terdapat kegiatan pengelompokkan terhadap organisasi di sekolah seperti (kelompok osis, kelompok kegiatan kerohanian, kelompok ekstrakulikuler voli, sepak bola, musik, basket, bulu tangkis, renang dll. Oleh karenanya, beberapa faktor tersebut diatas dapat menjadi sebuah interseksi group yang membuat irisan-irisan terhadap adanya pengelompokkan antara kelas unggulan dan regular hasil yang muncul tidak terlalu signifikan terhadap perbedaan diantara masing-masing siswa di lingkup sekolah
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10923
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aditya Agus Perdana - 080910302004_1.pdf254.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools