Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108949
Title: Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Tema 6 Pada Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual di SDN Lojejer 03 Wuluhan Jember
Authors: NISWA, Winda Khoirotin
Keywords: KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
PROBLEM BASED LEARNING
HASIL BELAJAR
Issue Date: 24-May-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di SDN Lojejer 03 Wuluhan Jember. Jenis penelitian ini adalah classroom action research dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun tahap-tahap dalam pelaksanaan model PBL yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah; 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; 3) membimbing penyeledikan individu dan kelompok; 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan rata-rata secara klasikal pada keterampilan berpikir kritis siklus I sebesar 67,5 dan siklus II sebesar 76,35. Kemudian terdapat pula peningkatan rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,96 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,54 menjadi 72,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2022_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108949
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Winda Khoirotin Niswa_180210204167.pdf
  Until 2027-06-07
5.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools