Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108949
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNISWA, Winda Khoirotin-
dc.date.accessioned2022-08-19T03:29:35Z-
dc.date.available2022-08-19T03:29:35Z-
dc.date.issued2022-05-24-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108949-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di SDN Lojejer 03 Wuluhan Jember. Jenis penelitian ini adalah classroom action research dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun tahap-tahap dalam pelaksanaan model PBL yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah; 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; 3) membimbing penyeledikan individu dan kelompok; 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan rata-rata secara klasikal pada keterampilan berpikir kritis siklus I sebesar 67,5 dan siklus II sebesar 76,35. Kemudian terdapat pula peningkatan rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,96 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,54 menjadi 72,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Tema 6 Pada Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual di SDN Lojejer 03 Wuluhan Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Winda Khoirotin Niswa_180210204167.pdf
  Until 2027-06-07
5.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools