Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108946
Title: Kajian Kinematika Gerak pada Gerak Kendaraan Bermotor di Jalan Kabupaten Ngawi sebagai Sumber Belajar Fisika
Authors: RUSPITASARI, Heni
Keywords: Kinematika
Sumber Belajar
Issue Date: 4-Mar-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Mata pelajaran Fisika adalah salah satu bagian dari pendidikan yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikaitkan dengan kegiatan atau fenomena lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Konteks kehidupan sehari-hari yang dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran fisika sangat banyak. Walaupun telah dilakukan beberapa penelitian untuk mengkaji fenomena fisika namun masih banyak konteks kehidupan sehari-hari yang belum dioptimalkan untuk sumber belajar fisika. Sumber belajar yang mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Salah satu materi kajian dalam fisika yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari adalah kinematika gerak. Beberapa jalan berelevasi di Kabupaten Ngawi dapat dikaitkan dengan peristiwa kinematika gerak saat ada kendaraan melintas. Kondisi saat ini belum ada gambaran detail tentang kondisi gerak kendaraan jika dikaitkan dengan besaran-besaran dinamis kinematika gerak di Jalan Kabupaten Ngawi. Berdasarkan uraian di atas, perlu dilakukan kajian terhadap besaranbesaran dinamis pada gerak kendaraan bermotor di jalan Kabupaten Ngawi sebagai sumber belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilakukakan di Kabupaten Ngawi tepatnya di 3 jalan berbeda, yaitu Jalan Widodaren, Jalan Grenteng dan Jalan SMK PGRI 3 Walikukun. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengukur kecepatan, jarak tempuh dan waktu tempuh kendaraan sepeda motor saat melintasi jalan menurun. Selanjutnya dilakukan interpretasi data dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil kajian karakteristik besaran dinamis pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi yang telah dilakukan di 3 jalan menurun berbeda menunjukkan hasil yang konsisten yaitu pada saat melintasi jalan menurun, besaran dinamis kecepatan semakin besar sesuai fungsi linear positif, dimana semakin bertambahnya waktu yang terukur pada stopwatch maka kecepatan yang ditunjukkan oleh spedometer semakin besar, besaran dinamis jarak juga semakin besar sesuai fungsi polinomial positif, dimana semakin bertambahnya waktu yang terukur pada stopwatch maka jarak yang ditunjukkan oleh penanda jalan semakin besar dengan fungsi eksponen semakin besar. Sedangkan pada saat melintasi lintasan mendatar setelah melintasi lintasan menurun besaran dinamis kecepatan semakin kecil sesuai fungsi linear negatif, dimana semakin bertambahnya waktu yang terukur pada stopwatch maka kecepatan yang ditunjukkan oleh spedometer semakin kecil, besaran dinamis jarak semakin besar sesuai fungsi polinomial negatif, dimana semakin bertambahnya waktu yang terukur pada stopwatch maka jarak yang ditunjukkan oleh penanda jalan semakin besar dengan fungsi eksponen semakin kecil. Hasil kajian karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi menunjukkan bahwa karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan menurun di kabupaten ngawi adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat, sedangkan karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan mendatar setelah melintasi lintasan menurun adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat. Hasil kajian kinematika digunakan sebagai data utama rancangan sumber belajar yang berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Desain LKPD akan menjadi sumber belajar bagi peserta didik untuk materi Kinematika Gerak pada pembelajaran fisika di SMA. Desain LKPD tersebut menyajikan prosedur percobaan sederhana gerak kendaraan di jalan menurun. Dengan adanya desain LKPD kontekstual ini, diharapkan dapat menjadi panduan peserta didik untuk melakukan percobaan tentang gerak kendaraan di jalan menurun. Selain itu, desain LKPD dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan diskusi sehingga mempermudah peserta didik mengambil kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. Kegiatan pembelajaran dalam desain LKPD ini mampu melatih keterampilan observasi, pengelompokan, penggunaan angka atau bilangan (berhitung), prediksi, eksperimen, dan keterampilan komunikasi.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2022_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108946
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
wm Skripsi full.pdf
  Until 2027-06-10
1.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools