Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108587
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIJAYANTO, Teguh-
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno-
dc.contributor.authorBEKTIARSO, Singgih-
dc.date.accessioned2022-07-22T06:33:54Z-
dc.date.available2022-07-22T06:33:54Z-
dc.date.issued2020-08-02-
dc.identifier.govdocKODEPRODI210102#Pendidikan Fisika-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108587-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model inkuiri terstruktur terhadap kemampuan scientific explanation siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Terdapat keterkaitan antara pembelajaran berbasis penyelidikan dengan kemampuan scientific explanation siswa, karena kegiatan penyelidikan dapat dijadikan sebagai komponen dalam melatih kemampuan bernalar. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group disertai pendekatan pretest dan posttest. Terdapat dua kelompok atau kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Banyuwangi tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling hingga ditetapkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran fisika dengan menerapkan model inkuiri terstruktur dilakukan di kelas eksperimen dan pembelajaran secara konvensional dilakukan pada kelas kontrol. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa kemampuan scientific explanation yang diukur menggunakan tes essai. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis independent sample t-test pada SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan scientific explanation kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji statistik diperoleh hasil bahwa kemampuan scientific explanation antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda secara sigifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model inkuiri terstruktur dalam pembelajaran fisika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan scientific explanation siswa SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)en_US
dc.subjectscientificen_US
dc.subjectexplanationen_US
dc.subjectinkuiri terstrukturen_US
dc.subjectpembelajaran fisikaen_US
dc.titlePengaruh Model Inkuiri Terstruktur terhadap Kemampuan Scientific Explanation Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_SINGGIH B_JURNAL_Pengaruh Model Inkuiri Terstruktur terhadap.pdf635.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.