Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108580
Title: | Respon Siswa Terhadap Metode Pythagoras Sebagai Alternatif Penyelesaian Soal Energi Relativistik |
Authors: | SUPRIADI, Bambang BEKTIARSO, Singgih DAMASARI, Arita Fajar FEBRIANTI, Trias Rizqi LUBNA, Lubna |
Keywords: | pembelajaran fisika metode phytagoras energi relativistik |
Issue Date: | 16-May-2022 |
Publisher: | ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika |
Abstract: | Teori relativitas khusus merupakan teori yang dikembangkan Albert Einstein berkaitan kerelativitasan ruang dan waktu. Penelitian bertujuan mengetahui respon siswa Sekolah Menengah Atas terhadap penyelesaian soal energi relativistik dengan metode phytagoras. Metode penelitian adalah metode penelitian survei dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 28 orang. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dari peneliti sebelumnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh menggunakan angket respon siswa. Angket yang digunakan menggunakan skala likert mengacu pada tiga respon siswa yakni kognitif, afektif dan konatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengaruh positif terhadap penyelesaian energi relativitik dengan metode phytagoras dengan presentase dimensi kognitif sebesar 71,11 %, afektif sebesar 69,03 % dan konatif sebesar 70,75 %. Secara keseluruhan siswa memberikan respon sebesar 70,29 % yang termasuk pada kategori kuat. |
Gov't Doc #: | Kodeprodi#1810201#pendidikanfisika |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108580 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_JURNAL_SinggihBektiarso_Respon Siswa Terhadap Metode Pythagoras Sebagai Alternatif Penyelesaian Soal Energi Relativistik.pdf | 2.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.