Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108568
Title: Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Aktivitas dan Kesiapan Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Sukomoro
Authors: BEAUTY, Chindy
BEKTIARSO, Singgih
PRASTOWO, Sri Handono Budi
Keywords: aktivitas belajar
kesiapan belajar
minat belajar
motivasi belajar
Issue Date: May-2021
Publisher: ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika
Abstract: Prestasi siswa dalam pelajaran fisika rendah, hal ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas dan kesiapan belajar. Aktivitas dan kesiapan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti minat dan motivasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap aktivitas dan kesiapan belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian kausal konfirmatori yang bertujuan untuk menguji hipotesis sebab akibat. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukomoro dengan polulasi seluruh siswa kelas X, XI dan XII IPA sebanyak 327 siswa, dengan jumlah sampel 179 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan dengan tingkat keakuratan 95% dan batas toleransi 5%, instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM. Hasil analisis deskiptif menunjukan bahwa minat belajar, motivasi belajar, aktivitas belajar dan kesiapan belajar siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis SEM menunjukkan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar, minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kesiapan belajar, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kesiapan belajar.
Gov't Doc #: Kodeprodi#1810201#pendidikanfisika
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108568
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.