Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107855
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorSUPARMAN, Azizah Ramdani
dc.date.accessioned2022-06-28T01:15:26Z
dc.date.available2022-06-28T01:15:26Z
dc.date.issued2021-11-14
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107855
dc.description.abstractPengolahan dan pengelolaan LPG dilaksanakan oleh PT Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara dan disalurkan melalui agen dan pangkalan resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. PT Dwi Putera Kencana Bhakti adalah agen LPG 3 kg resmi di Kabupaten Jember dengan pangkalan resmi berjumlah 39 pangkalan. Pembagian rute distribusi LPG pada PT Dwi Putera Kencana Bhakti dilakukan dengan alokasi satu armada pick-up untuk satu pangkalan dengan kapasitas maksimal 200 tabung, dan satu armada truck untuk 2 sampai 3 pangkalan degan mempertimbangkan kapasitas maksimal sebesar 560 tabung. Sistem pengiriman tabung LPG dengan pick-up kurang efisien dilakukan karena kapasitas 1 pick-up dapat mengangkut permintaan LPG untuk 2 pangkalan pada rute tertentu. Jika hal tersebut dilakukan, maka pick-up tidak perlu kembali ke gudang sekali lagi untuk mengisi tabung, sehingga akan didapat penghematan jarak distribusi. Analisis rute distribusi dibutuhkan untuk mendapatkan penghematan jarak distribusi secara maksimal. Permasalahan mengenai jarak dan rute distribusi terpendek disebut sebagai Vehicle Routing Problem (VRP), yaitu masalah rute transportasi yang bertujuan untuk menemukan rute dengan biaya minimal dengan cara menemukan jalur terpendek, minimasi jumlah kendaraan dan lain-lain, sehingga semua permintaan pada titik simpul dapat terpenuhi (Belfiore et al., 2008). Metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan VRP adalah metode saving matrix dan branch and bound. Metode saving matrix menghasilkan jadwal dan rute distribusi, dan metode branch and bound digunakan untuk menghasilkan urutan pengiriman ke pangkalan berdasarkan jarak terpendek. Kombinasi metode saving matrix dan branch and bound menghasilkan jarak yang lebih efisien. Hasil analisis dengan metode saving matrix dan branch ad bound pada PT Dwi Putera Kencana Bhakti, menghasilkan penghematan jarak 200,2 km atau sebesar 7,28%, dan penghematan biaya Rp 106.695,00 atau sebesar 2,39%.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Handriyono, M.Si ; Dosen Pembimbing Drs. Eka Bambang Gusminto, M.M., CRA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomien_US
dc.subjectVehicle Routing Problemen_US
dc.subject(VRP)en_US
dc.subjectSaving Matrixen_US
dc.subjectBranch and Bounden_US
dc.titleOptimasi Vehicle Routing Problem (Vrp) Dengan Metode Saving Matrix dan Branch And Bound Untuk Menentukan Rute Terpendek Distribusi Lpg 3 KG Pada PT Dwi Putera Kencana Bhakti Jemberen_US
dc.title.alternativeOptimization Vehicle Routing Problem (VRP) Using Saving Matrix and Branch and Bound Method to Determine the Shortest Distribution Route of Lpg 3 KG At PT Dwi Putera Kencana Bhakti Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
170810201113.pdf
  Until 2027-04-20
8.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools