Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107851
Title: Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS Glow (Studi Kasus Mahasiswi Universitas Jember
Authors: 

SURYANINGSIH, Risa
Keywords: Label Halal
Celebrity Endorser
Kosmetik
Ms Glow
Issue Date: 21-Nov-2021
Publisher: Fakultas Ekonomi
Abstract: Indonesia adalah negara yang mayoritas muslim yang jumlahnya mencapai 87,20% (bps.go.id). Menurut ajaran Islam, umat muslim diharuskan mengkonsumsi produk halal, suci dan baik merupakan perintah agama dan hukumnya wajib. Pemahaman yang semakin baik terhadap agama membuat konsumen muslim menjadi semakin selektif dalam membeli produk kosmetik berlabel halal yang akan digunakan. Dalam menarik minat konsumen, para pemasar menciptakan produk yang halal dan terjamin aman dengan bersertifikat sehingga konsumen merasa terlindungi untuk mengkonsumsinya, melalui promosi iklan akan disampaikan pesan iklan dari produk tersebut bahwa memiliki sertifikat halal, membuat konsumen menyadari kebutuhannya dengan produk dan menggerakkan minat konsumen lalu melakukan keputusan pembelian terhadap produk. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel independen (label halal dan celebrity endorser) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik MS Glow. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Jember berjumlah 42.095 sesuai data informasi BPKH Universitas Jember dan diperoleh sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data primer diperoleh dari kuesioner dan data sekunder diperoleh dari literatur dari beberapa sumber, fenomena sekitar, dan website. Penelitian ini menggunakan metode regresi liniear berganda, diperoleh hasil uji t bahwa variabel independen berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen. Label halal berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Celebrity endorser berpengaruh secara parsial tehadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,023. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa label halal dan celebrity endorser berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,003.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107851
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
170810102008.pdf
  Until 2027-04-20
3.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools