Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107776
Title: Pengaruh Stem Project Based Learning Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Sman Pakusari Jember
Authors: FIRMANTARA, Muhammad Reza
Keywords: STEM Project Based Learning (STEM-PjBL)
Issue Date: 26-Jul-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berwawasan yang luas, inovatif, dan terbarukan. Berpikir kreatif sangat terkait dengan kreativitas untuk mencapai tujuan dengan cara dinamis dan inovatif setiap peserta didik. Pengertian kreatif berhubungan dengan penemuan sesuatu yang baru berdasarkan dengan sesuatu yang telah ada bisa dalam bentuk modifikasi atau pengembangan. Siswa yang tinggi tingkat kecerdasannya tidak selalu menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi, dan banyak siswa yang tinggi tingkat kreativitasnya tidak selalu tinggi tingkat kecerdasannya. Keterampilan berpikir kreatif dengan menerapkan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membebaskan siswa untuk mengembangan kecerdasannya seluas-luasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM-PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Implementasi STEM-PjBL dalam kegiatan belajar mengajar adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk beraktivitas dalam belajar, bekerjasama atau diskusi dengan teman sebaya, saling bertukar pendapat untuk menambah pengetahuan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang diinginkan, kemudian dipresentasikan kepada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengaruh STEM-PjBl, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biologi konvensional dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, dan praktikum. Penelitian ini dilakukan di SMAN Pakusari dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Penelitian ini dilakukan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan rerata kedua kelas serta uji analisis kovarian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh STEM PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kreatif diukur melalui instrumen penilaian berpikir kreatif yang tertera pada setiap LDS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa yakni ranah; kognitif, yang diukur melalui nilai pretest- posttest.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan STEM-PjBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif STEM-PjBl dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan STEM-PjBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran STEM-PjBl terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107776
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHAMMAD REZA FIRMANTARA - 150210103093.pdf10.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools