Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107119
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan-
dc.contributor.authorSUNARDI, Sunardi-
dc.contributor.authorSUGIARTI, Titik-
dc.contributor.authorSETIAWAN, Toto Bara-
dc.contributor.authorMAGHFIROH, Annisatul-
dc.date.accessioned2022-06-10T03:51:27Z-
dc.date.available2022-06-10T03:51:27Z-
dc.date.issued2022-03-01-
dc.identifier.govdocKODEPRODI210101#Pendidikan Matematika-
dc.identifier.govdocNIDN0016038502-
dc.identifier.govdocNIDN-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107119-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan fase pembelajaran van Hiele pada bahasan sifat-sifat segiempat terhadap tingkat berpikir geometri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalahh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kencong yang kemudian diambil sampel yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil pengerjaan Van Hiele Geometry Test (VHGT) diambil sebagai pretest dan posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t melalui bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan teori van Hiele dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (thitung = 2,067 > ttabel = 1,997). Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis terhadap level berpikir geometri siswa yang menunjukkan bahwa 48,48% siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan level berpikir geometri, sedangkan pada kelas kontrol hanya 18,18% yang mengalami peningkatan level berpikir geometri. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa fasefase pembelajaran van Hiele dapat diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran geometri di dalam kelas yang secara signifikan berpengaruhh terhadap tingkat berpikir geometri siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematikaen_US
dc.subjectFase-fase Pembelajaran van Hieleen_US
dc.subjectTingkat Berpikir Geometrien_US
dc.subjectPembelajaran Geometrien_US
dc.subjectSifat-sifat Segiempaten_US
dc.titlePengaruh Penerapan Fase-Fase Pembelajaran Van Hiele Terhadap Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_ERFAN Y_JURNAL_Pengaruh Penerapan Fase-Fase Pembelajaran Van Hiele Terhadap.pdf682.8 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.