Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107118
Title: Profil Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Persegi Menggunakan Tangram Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele
Authors: YUDIANTO, Erfan
SUGIARTI, Titik
ASTRI, Sofi
FIANTIKA, Feny Rita
Keywords: berpikir Kritis
Geometri Van Hiele
Persegi dan Segitiga
Issue Date: 18-Jun-2021
Publisher: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Abstract: Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk memberikan ide baru dengan berbagai cara dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah persegi dan persegi panjang yang ditinjau oleh tingkat pemikiran van Hiele siswa kelas 4 SDN Kejayan 1 Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes pemikiran geometri van Hiele dan tes kemampuan berpikir kreatif yang terkait dengan persegi dan persegi panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada fase pravisualisasi memiliki kemampuan berpikir kreatif yang kurang kreatif dan cukup. Siswa pada tahap visualisasi, memiliki kemampuan berpikir kreatif dan kurang kreatif yang cukup. Siswa pada tingkat analisis memiliki kemampuan berpikir kreatif yang cukup.
Gov't Doc #: KODEPRODI210101#Pendidikan Matematika
NIDN0016038502
NIDN0004035806
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107118
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_ERFAN Y_JURNAL_PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN.pdf3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.