Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106628
Title: | Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter dengan Buku Siswa Kelas IV SD Berbasis Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku |
Authors: | NURDIANASARI, Nindya RAHMAWATI, Eva FITRIYAH, Chumi Zahroul HUTAMA, Fajar Surya RUKMANA, Linda Purnamasari |
Keywords: | pendidikan karakter kurikulum 2013 buku siswa |
Issue Date: | 20-Dec-2022 |
Publisher: | JURNAL BAHANA MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV SD berbasis K13 tema pahlawanku”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema pahlawanku edisi revisi 2017 untuk siswa kelas IV SD/MI. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi pengadaan data, pengurangan atau reduksi data, inferensi, dan analisis data. Kesesuian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV tema pahlawanku cukup sesuai dengan persentase sebesar 55%. Nilai karakter yang tertinggi yaitu nilai nasionalis dengan persentase sebesar 47,28%. Nilai nasionalis kemunculannya paling tinggi karena sesuai dengan tema pahlawanku. Sementara persentase nilai religius yaitu 7,27%. Nilai mandiri menunjukkan persentase sebesar 25,45%, sedangkan persentase nilai gotong royong sebesar 9,09%. Nilai integritas menunjukkan persentase sebesar 10,91%. |
Gov't Doc #: | KODEPRODI210204#PGSD NIDN0023109203 NIDN0015097705 NIDN0021078703 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106628 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_NINDYA_JURNAL_Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter dengan Buku Siswa.pdf | 1.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.