Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106628
Title: Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter dengan Buku Siswa Kelas IV SD Berbasis Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku
Authors: NURDIANASARI, Nindya
RAHMAWATI, Eva
FITRIYAH, Chumi Zahroul
HUTAMA, Fajar Surya
RUKMANA, Linda Purnamasari
Keywords: pendidikan karakter
kurikulum 2013
buku siswa
Issue Date: 20-Dec-2022
Publisher: JURNAL BAHANA MANAJEMEN PENDIDIKAN
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV SD berbasis K13 tema pahlawanku”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema pahlawanku edisi revisi 2017 untuk siswa kelas IV SD/MI. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi pengadaan data, pengurangan atau reduksi data, inferensi, dan analisis data. Kesesuian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV tema pahlawanku cukup sesuai dengan persentase sebesar 55%. Nilai karakter yang tertinggi yaitu nilai nasionalis dengan persentase sebesar 47,28%. Nilai nasionalis kemunculannya paling tinggi karena sesuai dengan tema pahlawanku. Sementara persentase nilai religius yaitu 7,27%. Nilai mandiri menunjukkan persentase sebesar 25,45%, sedangkan persentase nilai gotong royong sebesar 9,09%. Nilai integritas menunjukkan persentase sebesar 10,91%.
Gov't Doc #: KODEPRODI210204#PGSD
NIDN0023109203
NIDN0015097705
NIDN0021078703
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106628
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_NINDYA_JURNAL_Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter dengan Buku Siswa.pdf1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.