Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106196
Title: | Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Means-Ends Analysis (MEA) pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas 8 SMP |
Authors: | ARAFAH, Rezqy Ayu Devi |
Keywords: | MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) Lembar Kerja Siswa |
Issue Date: | 1-Dec-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru di SMP Negeri 4 Jember, yang menyatakan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) sebelumnya berbentuk media cetak berupa kertas buram, hanya berisikan materi dan soal-soal yang membuat siswa bosan untuk mengerjakannya. Selain itu, LKS tidak menuntun siswa untuk menemukan konsep, mendorong terjadinya diskusi dan memecahkan suatu masalah, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Means-Ends Analysis (MEA) pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas 8 SMP. Penelitian ini dilakukan dengan menguji coba LKS di SMP Negeri 4 Jember. Tempat uji coba dipilih pada sekolah tersebut karena telah memfasilitasi siswa dan pendidik dengan aplikasi atau platform belajar online yang memadai. Subjek uji coba dari LKS ini adalah siswa kelas 8A berabsen genap yang berjumlah 13 siswa. Model pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan Four D Model atau biasa disebut Thiagarajan. Tahap pengembangan pada model ini lebih tersusun. Model ini memiliki empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Motode pengumpulan data terdiri atas metode observasi dan metode angket. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya akan dianalisis. Terdapat analisis validitas instrument yang meliputi LKS, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan angket respon siswa, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil analisis validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) dinyatakan cukup valid dengan perolehan sebesar 2,9. Instrumen lain seperti lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa dinyatakan cukup valid dengan nilai berturut-turut yaitu 2,88, 2,9 dan 2,9. Hasil analisis data kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) disimpulkan dari komentar, kritik dan saran yang baik dari observer tanpa adanya merubah total perangkat, sehingga Lembar Kerja Siswa (LKS) dinyatakan praktis. Hasil analisis data keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klaksikal karena terdapat ≥75% dari jumlah siswa keseluruhan telah tuntas, aktivitas siswa di kelas mendapatkan kriteria yang sangat aktif dengan diperoleh persentase keaktifan dari observasi aktivitas siswa adalah sebesar 97,91% dan respon siswa positif terhadap pembelajaran yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini. LKS yang telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis disebarkan melalui guru matematika SMP Negeri 4 Jember dan sosial media khususnya Instagram, Whatsapp dan Google Site agar dapat dilihat oleh khalayak publik Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan adanya penelitan lanjutan seperti pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dikarenakan pada penelitian ini hanya melihat proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS). |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106196 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2027-04-06 | 5.32 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools