Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105959
Title: Hubungan Tingkat Literasi Kesehatan dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Kabupaten Ponorogo
Authors: EDYAWATI, Eka
ASMANINGRUM, Nurfika
NUR, Kholid Rosyidi Muhammad
Keywords: Literasi kesehatan
kepatuhan minum obat
tuberkulosis paru
Issue Date: 13-Jul-2021
Publisher: Jurnal Keperawatan Sriwijaya
Abstract: Tujuan: Tuberkulosis paru tetap menjadi penyebab utama penyakit dan termasuk di antara 10 penyebab kematian teratas di seluruh dunia. Kepatuhan pasien terhadap terapi merupakan salah satu penentu keberhasilan penatalaksanaan terapi tuberkulosis, yang mana salah satu faktor penentu kepatuhan dipengaruhi oleh tingkat literasi kesehatan pasien. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 49 sampel penelitian dilibatkan dalam penelitian ini dengan menggunakan total sampling. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) dan HLS-EU-Q16. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tingkat literasi kesehatan yang tinggi sebanyak (81.4%) dan mayoritas memiliki kepatuhan pengobatan TB paru yang tinggi dengan jumlah 40 responden (81.4%). Hasil uji Chi Square menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat literasi kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada penderita tuberkulosis paru (p-value = 0,0001), CI= 95%; OR= 11,250. Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi kesehatan berbanding lurus dengan kepatuhan minum obat pasien Tuberkulosis. Sebagai perawat, kita harus memberikan intervensi psikoedusatif kepada keluarga atau orang yang dicintai untuk meningkatkan dukungan efektif bagi individu yang membutuhkan.
Gov't Doc #: Kodeprodi#2310101#IlmuKeperawatan
NIDN#0012018005
NIDN#0715098601
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105959
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.