Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105923
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PUTRA, Dewa Ngakan Gde Wahyu Mahatma | - |
dc.contributor.author | RIDZKIYANTO, Ricko Pratama | - |
dc.contributor.author | NURIKA, Globila | - |
dc.contributor.author | LIMBONG, Andriani Metasari Br. | - |
dc.date.accessioned | 2022-03-15T02:34:37Z | - |
dc.date.available | 2022-03-15T02:34:37Z | - |
dc.date.issued | 2022-02-21 | - |
dc.identifier.govdoc | Kodeprodi#2110101#Ilmukesehatanmasyarakat | - |
dc.identifier.govdoc | NIDN#199005252019031013 | - |
dc.identifier.govdoc | NIDN#199306142019032022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105923 | - |
dc.description.abstract | Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia hingga Bulan Juni 2021 telah mencapai 1,35 juta kasus. Kondisi ini terus dikendalikan oleh pemerintah dengan upaya menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 terutama bagi tenaga pendidik dan keendidikan. Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi learning loss dalam dunia pendidikan akibat pembelajaran daring selama pandemi pembelajaran tatap muka di tahun 2022 dapat dilakukan. Oleh karena itu edukasi dan pelatihan untuk disiplin melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dalam memutus transmisi covid-19 di sekolah penting untuk dilakukan secara massive terutama bagi siswa. Kegiatan edukasi dan pelatihan dengan sasaran sebanyak 22 siswa ini dilakukan di SDN 1 Panji Lor, Situbondo dengan menggunakan buku cerita CTPS berbasis augmented reality. Metode diskusi interaktif dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa. Peningkatan pengetahuan diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test. Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan observasi kegiatan praktik CTPS. Hasil analisis data pengetahuan sebelum dan setelah edukasi dengan uji paired-sample t-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa (p-value= 0.046). Disamping itu, seluruh siswa dapat mempraktikkan langkah CTPS secara baik dan benar dalam kegiatan pelatihan. Penggunaan buku cerita CTPS berbasis augmented reality disimpulkan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melakukan CTPS yang baik dan benar. | en_US |
dc.publisher | Jurnal ABDIMAYUDA: Indonesian Journal of Community Empowerment for Health | en_US |
dc.subject | cuci tangan pakai sabun | en_US |
dc.subject | CTPS | en_US |
dc.subject | augmented reality | en_US |
dc.subject | siswa sekolah dasar | en_US |
dc.title | Penggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai SabunPenggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKM_JURNAL_DewaNgakanGde Wahyu_Penggunaan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun.pdf | 1.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.