Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105891
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUDHASNI, Yuliavira-
dc.contributor.authorSANDRA, Christyana-
dc.contributor.authorHERAWATI, Yennike Tri-
dc.date.accessioned2022-03-14T00:26:56Z-
dc.date.available2022-03-14T00:26:56Z-
dc.date.issued2022-02-02-
dc.identifier.govdocKODEPRODI2110101#Kesehatan Masyarakat-
dc.identifier.govdocNIDN0016048204-
dc.identifier.govdocNIDN0016107802-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105891-
dc.description.abstractGancang Aron (Gugus Antisipasi Cegah Antrian Panjang dengan Antar Obat ke Rumah Pasien) merupakan program inovasi RSUD Blambangan untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan obat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien pengguna program Gancang Aron dengan metode Importance Performance Analysis di RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atribut dianggap penting namun kinerjanya masih ada yang dianggap kurang baik dan belum memenuhi harapan, yaitu petugas kurang tepat waktu dalam melayani pasien, petugas kurang menerima dan mendengarkan keluhan pasien dengan baik, instalasi farmasi memiliki persediaan obat yang kurang lengkap, dan ruang tunggu kurang memadai. Tingkat kepuasan pasien pengguna program Gancang Aron ditinjau dari dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, kelangsungan pelayanan, keamanan, efektivitas, hubungan antar manusia, dan efisiensi ialah sangat puas, sedangkan ditinjau dari dimensi kenyamanan ialah puas, namun atribut ruang tunggu memadai dan tersedianya AC/televisi/majalah di ruang tunggu belum memenuhi harapan pasien. Berdasarkan diagram kartesius diketahui bahwa atribut tersebar dalam empat kuadran. Atribut yang dianggap penting dan telah baik kinerjanya sebanyak 7 atribut, sedangkan atribut yang dianggap kurang penting dan belum baik kinerjanya sebanyak 8 atribut.en_US
dc.publisherJurnal Ilmu Kesehatanen_US
dc.subjectdiagram kartesiusen_US
dc.subjectgancang aronen_US
dc.subjectkepuasan pasienen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pasien Gancang Aron Dengan Metode Importance Performance Analysis dI RSUD Blambanganen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKM_YULIAVIRA SUDHASNI_JURNAL_ANALISIS KEPUASAN PASIEN GANCANG ARON DENGAN METODE.pdf858.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.