Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105488
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAHMAD, Nur-
dc.contributor.authorPUTRA, Pramudya Dwi Aristya-
dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri-
dc.date.accessioned2021-11-23T03:46:05Z-
dc.date.available2021-11-23T03:46:05Z-
dc.date.issued2021-08-04-
dc.identifier.issnKODEPRODI210104#Pendidikan IPA-
dc.identifier.issnNIDN0001048702-
dc.identifier.issnNIDN0015128201-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105488-
dc.description.abstractKondisi wabah Covid-19 menuntut para dosen berinovasi agar mahasiswa tertarik dan mudah memahami konten walaupun pembelajaran terpisah oleh jarak. Tak hanya dosen ataupun guru, calon guru pun harus sudah berlatih membuat video pembelajaran yang inovatif dan menarik. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang berupaya untuk menganalisis video pembelajaran meliputi kekurangan dan kelebihan video yang dibuat oleh mahasiswa. Video tersebut dibuat secara berkelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa dan ada beberapa dengan 3 mahasiswa. Semua video membahas materi rumpun Fisika sesuai dengan dosen pengampu. Sebanyak 55 video dibuat oleh 3 kelas belum sempat diunggah di media sosial maupun media video online. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 55 video pembelajaran, memiliki durasi rata-rata 4 menit 32 detik. Nilai Akhir skor video pembelajaran tertinggi mencapai 81 dan nilai terendah sebesar 69. Menurut Observasi kekurangan pembuatan proyek video pembelajaran pada umumnya terletak pada kualitas suara dan penyajian. Suara presenter ditemukan beberapa kurang keras, kurang jernih dan kadang terganggu oleh suara backsound. Mayoritas video ada perkenalan tiap-tiap mahasiswa sebagai presenter. Kekurangan yang sering terlihat pada penyajian yaitu penulisan nama, NIM dan judul tidak ditampilkan di awal video. Beberapa ada kualitas video yang kurang karena kualitas kamera rendah maupun pencahayaan yang kurang.en_US
dc.publisherJournal Education Research and Developmenten_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.subjectFenomena Optiken_US
dc.subjectTugas Proyeken_US
dc.titleAnalisis Produksi Video Pembelajaran Pada Tugas Proyek Mata Kuliah Cahaya Dan Penglihatan Tema Fenomena Optiken_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_NUR AHMAD_JURNAL_ANALISIS PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN PADA TUGAS PROYEK.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.