Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105469
Title: Aplikasi Label Pintar Edible Dari Ekstrak Antosianin Ubi Jalar Ungu (Ipamoea Batatas L.) Untuk Monitoring Kesegaran Sayuran Cabai Hijau (Capsicum Annuum L.)
Authors: YANUARISK, Aissa Dinar
KUSWANDI, Bambang
NUGRAHA, Ari Satia
Keywords: Antosianin
pati-singkong
kitosan
cabai hijau
Issue Date: 4-Jan-2020
Publisher: Journal Pustaka Kesehatan
Abstract: Produk sayuran merupakan bahan pangan yang banyak digemari oleh masyarakat. Salah satu produk sayuran seperti cabai hijau merupakan suatu komoditas sayuran yang tidak dapat ditinggalkan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari. Hal tersebut diikuti dengan tuntutan kualitas mutu produk cabai hijau. sehingga dibutuhkan suatu alat analisa yang dapat menganalisis kesegaran cabai hijau secara mudah dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sensor kesegaran edible berbasis indikator antosianin dari ekstrak ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L.) dengan membran campuran pati singkong dan kitosan. Sensor kesegaran edible tersebut dapat diaplikasikan sebagai sensor kesegaran dan mengetahui tingkat kesegaran cabai hijau dengan berbagai parameter. Dilakukan uji parameter kesegaran cabai hijau meliputi uji nilai pH, susut bobot, nilai tekstur, dan uji sensory evaluation. Perubahan warna sensor kesegaran edible diamati secara visual dan diuji menggunakan program ImageJ untuk menentukan nilai mean green. Hasil menunjukkan perubahan warna sensor kesegaran yaitu ungu tua saat cabai hijau dalam keadaan segar, ungu muda masih segar dan hijau muda sudah tidak lagi segar atau busuk. Nilai mean green sensor kesegaran edible meningkat seiring dengan penurunan mutu cabai hijau dalam kemasan.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105469
ISSN: KODEPRODI2210101#Farmasi
NIDN0001026907
NIDN0021077803
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARMASI_ARI SATIA N_JURNAL_Aplikasi Label Pintar Edible dari Ekstrak Antosianin Ubi Jalar.pdf523.84 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.