Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105466
Title: Penggunaan Media Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Authors: ROSYIDAH, Rosyidah
KARTINI, Titin
KANTUN, Sri
Keywords: Media Edmodo
Motivasi Belajar
Hasil Belajar
Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang
SMK
Issue Date: 4-Sep-2019
Publisher: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2018/2019 melalui penggunaan media Edmodo pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,88 dan 3,70 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,22 dengan ketuntasan klasikal 82,35% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 88,12 dengan ketuntasan klasikal 91,18%. Dengan demikian, penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105466
ISSN: KODEPRODI210301#Pendidikan Ekonomi
NIDN0005128004
NIDN0007105802
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_ROSYIDAH_JURNAL_PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN.pdf694.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.